Metode Numbered Heads Together



Metode pembelajaran Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Jumlah kelompok sebaiknya mempertimbangkan jumlah konsep yang dipelajari. Jika jumlah penerima didik dalam satu kelas terdiri dari 40 orang dan terbagi menjadi 5 kelompok menurut jumlah konsep yang dipelajari maka tiap kelompok terdiri 8 orang. Tiap-tiap orang dalam tiap-tiap kelompok diberi nomor 1-8.

Setelah kelompok terbentuk Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap-tiap kelompok. Berikan kesempatan pada tiap-tiap kelompok menemukan jawaban. pada kesempatan ini tiap-tiap kelompok menyatukan kepalanya "Heads Together" berdiskusi memikirkan balasan atas pertanyaan dari Guru.

Langkah berikutnya ialah Guru memenggil penerima didik yang mempunyai nomor yang sama dari tiap-tiap kelompok. Mereka diberi kesempatan memberi balasan atas pertanyaan yang telah diterimanya dari Guru. hal itu dilakukan terus sampai semua penerima didik dengan nomor yang sama dari masing-masing kelompok menerima giliran memaparkan balasan dari pertanyaan guru. menurut jawaban-jawaban itu Guru sanggup menyebarkan diskusi lebih mendalam, sehingga penerima didik sanggup menemukan balasan pertanyaan itu sebagai pengetahuan yang utuh.

Sumber: Agus Suprijono, 2009, Cooperative Learnng, Yogyakarta:Pustaka Pelajar








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspada..!!! 8 Gunung Berapi Lain Siap Menyusul Merapi

Sejarah Politik Bangsa Indonesia Penuh Darah Dan Korban Nyawa.

Model Pembelajaran Paikem Talking Stick