Pengertian Model Pembelajaran Dari Aneka Macam Tokoh Pendidikan


Model pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dalam membuat suasana berguru yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM). KTSP dan tuntutan untuk menyebarkan model pembelajaran kreatif maka Guru harus pula bisa mengikuti tuntutan perkembangan dunia pendidikan terkini. Guru harus berani berinovasi dan menyesuaikan diri dengan metode pembelajaran PAIKEM menyerupai Talking Stick, Example non Example, Think Pair Share dan tidak hanya terpaku pada Metode Ceramah saja. Untuk memperjelas mengapa model pembelajaran perlu dikembangkan secara berkesinambungan, kita harus kembali pada  pengertian model pembelajaran  secara umum. Berikut ini yaitu pengertian model pembelajaran berdasarkan pendapat para tokoh pendidikan antara lain:

  1. Agus Suprijono : contoh yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.
  2. Mills : “model yaitu bentuk representasi akurat sebagai proses actual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu”
  3. Richard I Arends : model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap aktivitas di dalam pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas.  









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspada..!!! 8 Gunung Berapi Lain Siap Menyusul Merapi

Sejarah Politik Bangsa Indonesia Penuh Darah Dan Korban Nyawa.

Model Pembelajaran Paikem Talking Stick