Alasan Soekarno Membentuk Poros Jakarta-Peking (Beijing) Pada Tahun 1964

Banyaknya kontroversi perihal seputar peristiwa G30S/PKI masih menjadi sebuah perdebatan yang panjang terutama menguak siapa orang yang paling bertanggung jawab terhadap kejadian tersebut. salah satu pihak yang dituduh yaitu Soekarno presiden RI pertama, alasan mengapa Soekarno menjadi salah satu orang yang dianggap bertanggung jawab ialah alasannya ialah kegiatan kerjasama yang dibuat Soekarno pada masa itu yaitu Poros Jakarta - Peking.
intinya Soekarno membentuk kerjasama tersebut dilandasi beberapa faktor, bukan merupakan hasutan dari petinggi PKI melainkan semuanya itu dilaksanakan atas dasar membawa negara Indonesia menjadi negara yang besar, berdikari dan dihormati oleh bangsa-bangsa lainnya. faktor-faktor yang menjadi penyebab mengapa poros Jakarta-Peking dilaksanakan antara lain:
1. Konfrontasi dengan Malaysia menciptakan Indonesia membutuhkan proteksi militer maupun logistik mengingat Malaysia didukung penuh oleh Inggris sehingga Indonesia pun harus mencari negara besar yang bisa mendukung Indonesia dan juga bukan sekutu dari Inggris salah satu negara yang dimaksud ialah China
2. Posisi negara Indonesia sebagai negara yang gres merdeka menciptakan Indonesia membutuhkan banyak proteksi modal asing, namun kalau menggantungkan diri pada negara besar ibarat USA dan Inggris akan menciptakan Indonesia semakin sulit alasannya ialah besrnya bunga dan persyaratan yang memberatkan sehingga Indonesia perlu mencari negara donor yang bisa memperlihatkan proteksi dengan persyaratan yang gampang yaitu China dan Uni Soviet
3. Ketidak adilan PBB terhadap negara-negara yang gres merdeka ibarat Indonesia menciptakan Indonesia membutuhkan proteksi bunyi di PBB, sehinggga kerjasama dengan China dan Uni Soviet yang merupakan Dewan Keamanan PBB akan menciptakan bunyi Indonesia didengar oleh PBB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspada..!!! 8 Gunung Berapi Lain Siap Menyusul Merapi

Sejarah Politik Bangsa Indonesia Penuh Darah Dan Korban Nyawa.

Model Pembelajaran Paikem Talking Stick