Kriteria Guru Berdasarkan Pakar Pendidikan

Perkembangan pesat teknologi info ketika ini, kiranya menumbuhkan tantangan tersendiri bagi Guru. Mengingat guru sudah bukan lagi satu-satunya sumber info sampai muncul pendapat bahwa pendidikan bisa berlangsung tanpa guru. Hal ini benar jikalau pendidikan diartikan sebagai proses memperoleh pengetahuan. Namun perlu diingat pendidikan merupakan proses pendewasaan, maka prosesnya tidak sanggup ditinggalkan dari tugas vital guru. Oleh lantaran itu dalam paradigma masyarakat remaja ini, tuntutan terhadap guru semakin lebih berat. Sehingga muncul pemikiran guru yang baik ialah guru yang tidak hanya cukup mempunyai nilai-nilai dan sikap yag baik saja melainkan harus menjadi panutan dan sumber segala info baik bagi siswa maupun lingkungan masyarakat sekitar. Oleh alasannya itu para pakar pendidikan memilih kriteria-kriteria yang harus dimiliki seorang guru antara lain :
  1. Prof Herawati Susilo MSc, P.Hd  :Ada 6 kriteria guru masa depan (ideal) yaitu : berguru sepanjang hayat , literate sains dan teknologi, menguasi bahasa inggris dengan baik, termpil melksaakan penelitin tindakan kelas, rajin menghasilkan karya tulis ilmiah, dan bisa mendidik penerima didik berdsarkan filosofi konstruktivisme degn pendektn kontekstual. 
  2. Husnul Chotimah : Ada beberapa kriteria guru ideal yaitu : sanggup membagi waktu dengan baik, rajin membaca, banyak menulis, gemr melakukn penelitian. 
  3. Wijaya Kusumah : Guru ideal ialah sosok guru yang bisa menjadi panutan dn selalu memberikn keteladanan. Ilmunya ibarat mata air yang tak pernah habis. Semakin diambil semakin jernih airnya. Mengalir bening dan menghilangkan rasa dahaga bagi sipa sja yang meminumnya.
sumber literatur : Buku Tips menjadi Guru inspiratif, kreatif dan inovatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Politik Bangsa Indonesia Penuh Darah Dan Korban Nyawa.

Waspada..!!! 8 Gunung Berapi Lain Siap Menyusul Merapi

Model Pembelajaran Paikem Talking Stick