Metode Pembelajaran Think, Pair, Share


Buat para penggemar dan pembaca setia zonainfosemua.com sebelumnya, admin mohon maaf alasannya ialah hampir dua bulan tidak ada artikel terbaru dari zonainfosemua. Hal ini bukanlah alasannya ialah kesengajaan melainkan alasannya ialah banyak sekali kesibukan dari admin sehingga website ini sedikit kurang diperhatikan. nah kali ini admin menghadirkan kembali artikel yang bertemakan pendidikan yaitu Metode Pembelajaran Think, Pair and Share.

Seperti kita ketahui remaja ini, perkembangan dunia pendidikan yang cukup pesat menciptakan guru harus benar-benar pandai dalam membuatkan kualitas diri maupun kompetensi yang dimiliki. Salah satunya yaitu membuatkan model pembelajaran yang berbasis PAIKEM. Metode Pembelajaran Think pair Share merupakan salah satu metode yang cukup aktif dan inovatif untuk dikembangkan dalam proses mencar ilmu mengajar di kelas.

Seperti halnya namanya, metode ini memiliki 3 pedoman dasar yaitu Thinking, Pairing and Sharing. secara garis besar langkah-langkah pelaksanaan dari metode Think, Pair Share ialah :
  1. Guru mengajukan pertanyaan atau warta terkait dengan pelajaran untuk dipikirkan oleh penerima didik. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk memikirkan jawabannya.
  2. Pairing : pada tahap ini Guru meminta penerima didik berpasang-pasangan. beri kesempatan pada pasangan-pasangan itu untuk berdiskusi. dibutuhkan diskusi ini sanggup memperdalam makna dari tanggapan yang telah dipikirkannya melalui intersubjektif dengan pasangannya.
  3. Sharing : dalam acara ini dibutuhkan terjadi tanya jawab yang mendorong pada pengonstruksian pengetahuan secara integratif sehingga penerima didik sanggup menemukan struktur dari pengetahuan yang dipelajarinya.
Demikian uraian singkat dari metode Think Pair Share, Semoga sanggup berkhasiat dan bermanfaat terutama bagi perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan kita. amin...

 Artikel Terkait :
Metode Example non Example, Metode Talking Stick, Metode ceramah, Model Pembelajaran.

 Sumber : Agus Suprijono, 2009, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka pelajar









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Politik Bangsa Indonesia Penuh Darah Dan Korban Nyawa.

Waspada..!!! 8 Gunung Berapi Lain Siap Menyusul Merapi

Model Pembelajaran Paikem Talking Stick