Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Penerima Didik


Setelah hampir 7hari tidak beraktivitas dalam blog, kali ini saya menghadirkan artikel yang berjudul "Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Peserta Didik". nah sebelum saya menjelaskan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan, saya ingin sedikit bercerita dan membuatkan pengalaman dengan pembaca semua. Ketika saya masih duduk di dingklik Sekolah Menengan Atas ( tepatnye SMAN 1 Mojosari, salah satu sekolah elit he...) ada seorang Guru di Sekolah Menengan Atas saya yang berjulukan Pak Kus, hampir seluruh siswa Sekolah Menengan Atas bahkan yang sudah lulus sekalipun niscaya tidak akan pernah melupakan bagaimana seorang Pak Kus dikala mengajar dikelas. Ketika dia mengajar niscaya semua siswa akan serius memperhatikan dan menikmati apa yang dia jelaskan, dia dimata siswa yaitu seorang guru yang tidak hanya sebagai pemberi bahan pelajaran di kelas tetapi juga sebagai seorang sahabat, sahabat bahkan daerah penampungan keluhan siswa. Oleh alasannya yaitu itu sangat tidak mengherankan jikalau dia kemudian mendapat gelar predikat Guru Terbaik dan Guru Teladan tingkat Kabupaten (selamat ya pak :-)).
Sementara disisi lain ada pula seorang Guru yang berinisial H, pak H pada waktu itu yaitu sosok Guru gres di lingkungan sekolah saya, dia populer sebagai sosok Guru yang arif semasa kuliahnya. Sebagai guru muda tentu pak H berusaha untuk bisa bergaul dengan lingkungannya secara baik namun alasannya yaitu cara yang dipakai pak H sedikit kurang sempurna jadi ya kemudian dia diangap sebagai Guru yang kurang disukai siswa (termasuk saya, he..).
Dari sedikit kisah di atas, bekerjsama untuk menjadi seorang Guru Favorit bagi Peserta didik, sanggup dikatakan gampang namun juga sulit. Kenapa demikian? Profesi Guru merupakan profesi dengan tuntutan kompetensi yang kompleks ibarat pedagogik, penguasaan materi, psikomotor, dan lain sebagainya yang semua itu diikat dengan norma-norma kesopanan dan etika bahkan moral dalam masyarakat, sehingga menjadi seorang Guru dalam konteks demikian ibarat halnya makan buah simalakama. Nah oleh alasannya yaitu itu untuk mengatasi permasalahan tersebut para Guru semua sanggup mengikuti tips berikut ini yang sudah teruji dalam penelitian secara ilmiah.
Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Peserta Didik :
1.      Jangan pernah anggap diri anda sebagai Guru, anggaplah diri anda sebagai teman, sahabat , bahkan orang bau tanah bagi siswa-siswi anda sehinggga nanti akan menimbulkan stimuli respon yang aktual dari penerima didik baik dalam pelajaran di kelas maupun di luar kelas
2.      Selalu Up to Date terhadap informasi maupun hal-hal gres yang berkaitan dengan penerima didik anda, jangan menjadi KuPer (Kurang Pergaulan) alasannya yaitu Guru dimata siswa yaitu sumber segala informasi sehingga jikalau seorang Guru tergolong KuPer maka rasa Respect dan Hormat penerima didik kepada Guru juga hilang.
3.      Berikan bahan pelajaran yang tidak membosankan, terutama mengaitkan antara pelajaran dengan pengalaman sehari-hari sehingga penerima didik sanggup mengerti bahwa bahan yang dipelajarinya memang penting dan bermanfaat.
4.      Tidak bersifat kaku dan diktatorial dengan memperlihatkan Reward and Puishment yang sesuai dengan kemampuan penerima didik. 
5.   Gunakan Media Pembelajaran yang bervariasi terutama yang berpedoman pada PAIKEM sehingga sanggup memperlihatkan suasana yang menyenangkan bagi penerima didik.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Politik Bangsa Indonesia Penuh Darah Dan Korban Nyawa.

Waspada..!!! 8 Gunung Berapi Lain Siap Menyusul Merapi

Model Pembelajaran Paikem Talking Stick