Model Pembelajaran Paikem Talking Stick


Model Pembelajaran dengan metode Talking stick mendorong penerima didik untuk berani mengemukakan pendapat. Metode talking stik ini sangat sempurna dipakai dalam pengembangan proses pembelajaran PAIKEM. Langkah-langkah yang harus dipakai dalam penerapan metode Talking Stik antara lain :
  1. Pembelajaran dengan metode talking stick di awali oleh klarifikasi guru mengenai bahan pokok yang akan dipelajari. Peserta didik diberi kesempatan membaca dan mempelajari bahan tersebut. Berikan waaktu yang cukup untuk aktifitas ini.
  2. Guru selanjutnya meminta kepada penerima didik menutup bukunya. Guru mengambil tongkat yng telah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Tongkat tersebut diberikan kepada salah satu penerima didik, penerima didik yang mendapatkan tongkat tersebut diwajibkan menjawab pertanyaan dari guru Kemudian seterusnya.
  4. Ketika stick bergulir dari penerima didik lainnya, seyogyanya diiringi musik langkah simpulan dari metode talking stik ialah guru menawarkan kesempatan kepada penerima didik melaksanakan refleksi terhadap bahan yang telah dipelajarinya. Guru memberi ulasan terhadap seluruh tanggapan yang diberikan penerima didik, selanjutnya bersamama-sama penerima didik merumuskan kesimpulan. 
sumber : Agus Suprijono,Cooperative Learning,Yogyakarta:pustaka pelajar,2009 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Politik Bangsa Indonesia Penuh Darah Dan Korban Nyawa.

Waspada..!!! 8 Gunung Berapi Lain Siap Menyusul Merapi